Manajemen Kelas
Pengelolaan
kelas merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh guru. Pengelolaan
kelas berkaitan dengan upaya-upaya untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi
yang optimal bagi terjadinya proses belajar mengajar. Dalam pengelolaan kelas ada dua
subjek yang memegang peranan yaitu guru dan siswa.
Manajemen
kelas merupakan kegiatan untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi yang
optimal bagi terjadinya proses belajar yang efektif di dalam kelas. Ketika
kelas dikelola secara efektif, maka kelas akan berjalan lancer dan murid akan aktif
dalam pembelajaran
Fungsi
Manajemen Kelas:
1. Membuat kelas
sebagai tempat belajar
2. Menciptakan
proses belajar efektif di dalam kelas
3. Menciptakan
suasana kelas yang kondusif
4. Berusaha agar
siswa benar-benar aktif belajar
5. Mengupayakan
suasana-suasana yang membantu proses belajar yang efektif dan efisien
Dampak Manajemen Kelas kepada Siswa:
1. Mendorong siswa untuk mengembangkan tanggung jawab dan
sadar akan pengontrolan atau regulasi dirinya
2. Membantu siswa menampilkan tingkah laku sesuai tata
tertib kelas dan merasakan teguran guru sebagai sebuah peringatan bukan suatu
kemarahan
3. Menimbulkan rasa kewajiban melibatkan diri dalam tugas
dan aktivitas kelas
Beberapa faktor
yang mempengaruhi perwujudan pengelolaan kelas diantaranya: Kurikulum, bangunan
dan Sarana, guru, murid dan dinamika
A. Kurikulum
Setiap tingkat
dan jenis sekolah memerlukan kurikulum yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat
yang semakin kompleks dalam perkembangannya. Kurikulum yang dipergunakan di
sekolah sangat besar pengaruhnya terhadap aktivitas kelas dalam mewujudkan
proses belajar mengajar yang berdaya guna bagi pembentukan pribadi siswa.
B. Bangunan dan
Sarana
Perencanaan
dalam membangun sebuah gedung untuk sebuah sekolah berkenaan dengan jumlah dan
luas setiap ruangan, letak dan dekorasi nya yang harus disesuaikan dengan
kurikulum yang dipergunakan. Akan tetapi karena kurikulum selalu dapat berubah
sedangkan ruang/gedung bersifat permanen, maka diperlukan kreativitas dalam
mengatur pendayagunaan ruang/gedung yang tersedia berdasarkan kurikulum yang
dipergunakan.
C. Guru
Guru berarti
orang yang bekerja dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang ikut bertanggung
jawab dalam membantu anak-anak untuk mencapai kedewasaan masing-masing. Guru
bukan sekedar orang yang berdiri di depan kelas untuk menyampaikan materi
pengetahuan tertentu, akan tetapi adalah anggota masyarakat yang harus ikut
aktif dan berjiwa bebas serta kratif dalam mengarahkan perkembangan akan didik
nya.
D. Murid
Murid merupakan
potensi kelas yang harus dimanfaatkan guru dalam mewujudkan proses belajar
mengajar yang efektif. Murid adalah anak-anak yang sedang tumbuh dan berkembang
baik secara fisik maupun psikologis dalam rangka mencapai tujuan pendidikannya
melalui lembaga pendidikan formal, khususnya berupa sekolah. Murid sebagai
unsur kelas memiliki perasaan kebersamaan yang sangat penting artinya bagi
terciptanya situasi kelas yang dinamis.
E. Dinamika Kelas
Kelas adalah
kelompok sosial yang dinamis yang harus dipergunakan oleh setiap wali/guru
kelas untuk kepentingan murid dalam kependidikannya. Dinamika kelas pada
dasarnya berarti kondisi kelas yang meliputi dorongan untuk aktif secara
terarah yang dikembangkan melalui kreatifitas dan inisiatif murid sebagai suatu
kelompok. Dinamika kelas dipengaruhi oleh cara wali/guru kelas menerapkan
administrasi pendidikan dan kepemimpinan pendidikan serta dalam mempergunakan
pendekatan pengelolaan kelas.
Komentar
Posting Komentar